Perbedaan Asuransi Kendaraan TLO dan All Risk, Kenali Mana yang Terbaik

Di Indonesia ada banyak sekali jenis asuransi, dan asuransi kendaraan merupakan salah satunya. Sama seperti asuransi lainnya, jenis asuransi ini juga memiliki jenisnya sendiri. Ada dua jenis yang dimiliki oleh asuransi ini diantaranya adalah TLO dan all risk. Tentu kedua jenis asuransi tersebut memiliki perbedaan yang menjadi kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Perbedaan Asuransi Kendaraan TLO dan All Risk

Seperti yang dikatakan bahwa di Indonesia ini memiliki banyak sekali jenis asuransi. Ada asuransi kesehatan, kendaraan, dsb. Kali ini yang dibahas adalah jenis asuransi untuk kendaraan yang ada di Indonesia. Ada dua jenis asuransi untuk kendaraan, yang pertama TLO dan yang kedua adalah all risk. Di sini kedua hal tersebut akan dibahas perbedaannya.

1. Perlindungan yang Diberikan

Pertama adalah perlindungan yang diberikan oleh kedua asuransi kendaraan tersebut. Pertama adalah TLO yang hanya melindungi beberapa bagian kerusakan saja. Biasanya kerusakan yang dilindungi oleh jenis asuransi ini hanya sampai 75%. Berbeda dengan all risk, yang sesuai dengan namanya menanggung semua resiko kerusakan mobil. Jadi perlindungan kendaraannya lebih menyeluruh.

2. Premi yang Dibayarkan

Karena perbedaan perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi ini, maka tentu harga yang dimiliki oleh kedua asuransi ini berbeda. Untuk TLO tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan all risk. Hal ini dilihat dari perlindungan keduanya. Jadi saat memilih kedua asuransi ini, maka perhatikan juga harga premi yang dibayarkan untuk setiap bulannya.

3. Lamanya Perbaikan

Perlindungan all risk, jauh lebih luas jika dibandingkan dengan TLO. Hal ini ternyata tidak hanya berpengaruh terhadap harga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Tapi juga memiliki pengaruh terhadap lamanya perbaikan. Tentu saja asuransi mobil yang melindungi keseluruhan perbaikan, akan lebih lama dibanding dengan TLO. Apalagi kalau kerusakan yang ditimbulkan parah.

4. Cara Mengajukan Klaim

Asuransi ini sama saja seperti asuransi kesehatan ataupun asuransi lainnya yang harus terlebih dahulu diajukan klaim untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Ternyata berbeda jenis asuransinya, maka berbeda juga cara mengajukan klaimnya. Misalnya untuk all risk, klaim sudah bisa diajukan bahkan saat mobil hanya mengalami lecet kecil, dan pengajuannya hanya tinggal menunjukan bukti pembayaran saja.

5. Resiko yang Dijamin

Perbedaan selanjutnya adalah resiko yang dijamin oleh kedua asuransi ini. Untuk asuransi all risk sendiri, resiko yang dijamin sudah lebih luas dibanding dengan TLO. Bahkan sekarang sudah ada beberapa asuransi all risk yang menyediakan resiko dari kerusakan alam, atau kerusakan tidak terduga lainnya. Jadi memang resiko yang dijamin oleh asuransi ini jauh lebih luas.

Mana yang Lebih Baik?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau kedua asuransi ini berbeda dan menjadi kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu konsumen harus pandai-pandai dalam memilih. Tidak hanya yang sesuai dengan keinginan, tapi juga memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Karena kalau hanya memilih berdasarkan keinginan, maka nantinya dikhawatirkan tidak terlalu dibutuhkan oleh penggunanya.

Kalau ditanya mana yang lebih baik, maka kalau melihat dari perlindungannya asuransi all risk akan jauh lebih baik. Karena asuransi all risk ini melindungi semuanya, bahkan beberapa ada yang sudah digabungkan dengan asuransi kesehatan. Tentunya biaya yang dibutuhkan sedikit lebih tinggi. Jadi kalau berdasarkan harga, maka TLO lebih baik karena lebih murah.

Itulah tadi perbandingan antara asuransi kendaraan TLO dan all risk yang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tentunya pilihan diantara kedua asuransi ini bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Jadi kalau ditanya mana yang lebih baik, maka yang sesuai kebutuhan merupakan pilihan terbaik.

 

Leave a Comment